-->

Bagaimana Cara mendapatkan KUOTA GRATIS dari KEMENDIKBUD ?

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyalurkan bantuan berupa kuota data internet untuk pelajar, mahasiswa, guru dan dosen. Kuota data internet dari Kemendikbud ini diberikan secara gratis dalam rangka membantu para peserta didik dan pendidik dalam kegiatan pembelajaran secara online.



Bantuan berupa kuota edukasi ini memang sangat diperlukan mengingat kondisi dunia dan Indonesia khususnya yang saat ini sedang mengalami pandemi Covid 19. Akibat dari adanya pandemi ini memang membuat kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah dan di kampus diganti menjadi pembelajaran secara online.


Tentu saja kegiatan belajar mengajar secara online ini membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Banyak orang tua siswa yang mengeluh karena besarnya pengeluaran untuk pembelian kuota internet untuk keperluan anak-anak mereka belajar online. Oleh karena itu inisiatif dari Pemerintah untuk memberikan bantuan kuota data internet secara gratis ini perlu kita apresiasi.

Apa itu Kuota Belajar Kemendikbud ?

Kuota Belajar Kemendikbud adalah bantuan kuota data internet dari Kemendikbud yang diberikan secara gratis kepada para pelajar, mahasiswa, guru dan dosen dengan tujuan agar digunakan dalam pembelajaran secara online.

Kuota Belajar Kemendibud Bisa Digunakan Untuk Apa Saja ?

Kuota Belajar dari Kemendikbud bisa digunakan untuk mengakses website dan aplikasi pembelajaran secara online. Di dalamnya termasuk aplikasi video conference dan website kampus.

Kuota Belajar Kemendikbud Untuk Aplikasi Apa Saja ?

Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat diakses menggunakan Kuota Belajar dari Kemendikbud :

  1. Rumah Belajar
  2. Zenius
  3. Pahamify
  4. Kelas Pintar
  5. Bahaso
  6. Cakap
  7. Ruangguru
  8. Sekolahmu
  9. Udemy
  10. Skill Academy

Untuk daftar lengkap aplikasi dan website yang bisa diakses menggunakan Kuota Belajar Kemendikbud, silahkan kunjungi situs resmi Kuota Belajar Kemdikbud.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kuota Belajar dari Kemendikbud ?

Untuk mendapatkan Kuota Belajar gratis dari Kemendikbud maka para peserta didik dan pendidik harus mendaftarkan nomor seluler mereka melalui sekolah atau kampus untuk didaftarkan oleh instansi terkait sebagai penerima subsidi bantuan kuota data internet dari pemerintah.


Penyaluran bantuan Kuota Belajar dari Kemendikbud ini pada tahun 2020 akan berjalan selama empat kali, dari bulan September hingga Desember 2020. Dan jika program bantuan kuota internet ini dirasa masih relevan, kemungkinan di tahun 2021 akan masih dilanjutkan lagi.

Kuota Belajar Kemendikbud Terdiri Dari Apa Saja ?

  1. Kuota data internet dari Kemendikbud terdiri atas Kuota Umum dan Kuota Belajar.
  2. Kuota Umum adalah kuota internet yang bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi dan website.
  3. Kuota Belajar adalah kuota internet khusus untuk mengakses aplikasi dan website pembelajaran.


Rincian besarnya Kuota Belajar Kemendikbud untuk tiap jenjang pendidikan bisa dilihat dibawah ini :


Peserta Didik Jenjang PAUD                                                         20 GB/bln

Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah         35 GB/bln

Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah 42 GB/bln

Dosen dan Mahasiswa                                                                 50 GB/blln


Bagaimana semoga dengan adanya bantuan kuota dari pemerintah bisa bermanfaat buat kita semua yang terutama adik-adik atau teman-teman kita yang terkena efek covid 19 ini, semoga artikel ini bermanfaat.

LihatTutupKomentar