-->

Cara Mudah Mengatasi Laptop Mati Tiba-Tiba, Macet, Hang

 Laptop yang selalu hang pasti sangat menjengkelkan untuk kita. Disaat lagi sibuk- sibuknya mengurus pekerjaan, kita malah dihadapkan dengan permasalahan lain yang membuat pikiran terus menjadi gundah.



Kejadian laptop hang ini sesungguhnya bukan cuma satu jenis kasus saja, tetapi terdapat banyak. Misalnya laptop hang disaat baru dinyalakan, hang disaat booting, ataupun hang disaat digunakan pada saat menjelajahi internet. Adakalanya, laptop yang hang ini akan menimbulkan pesan not responding, setelah itu kursor tidak dapat digerakkan sama sekali. Kesimpulannya, fix macet total.


Laptop yang hang dapat tiba secara seketika tanpa kita duga tadinya. Perihal ini dapat terjadi pada sistem operasi Windows manapun baik itu Windows 7, Windows 8 ataupun Windows 10 sekalipun, seluruhnya dapat hadapi hang kapan saja.


Kemudian, gimana cara supaya laptop tidak hang? Ikuti saja penjelasan berikut...

1. Pertolongan Awal Menanggulangi Laptop yang Selalu Ngehang

Cara awal ini akan saya jelaskan secara singkat, bila sukses umumnya bersifat sementara dan dapat datang lagi sewaktu- waktu. Untuk itu, Kalian bisa membaca poin selanjutnya sehabis poin ini berakhir.


Kamu dapat melaksanakan langkah- langkah berikut buat mengatasi laptop hang/ not responding disaat baru dinyalakan, disaat booting ataupun pada saat sedang Kamu pakai.

a.) Mengatasi Permasalahan Laptop Hang disaat Booting/ Masuk BIOS

Restart laptop Kamu, kemudian masuk ke mode BIOS dengan mengikuti perintah tombol BIOS di layar laptop Kamu, kalau saya memakai F2( laptop Lenovo). Buat merk lain semacam ASUS, Acer, HP, Toshiba, Samsung, Dell dan yang lain, lebih baik sesuaikan saja dengan cara masuk BIOS- nya. Tiap- tiap vendor pasti mempunyai pengaturannya sendiri.


Sehabis masuk BIOS, pilih Advanced BIOS Features kemudian cari yang terdapat kaitannya dengan BIOS cache. Bila sudah, pilih disable.


Simpan dengan menekan F10, kemudian enter.

b.) Mengatasi Laptop Hang disaat Baru dinyalakan( starting)

Disaat startup dan disaat masuk Windows, adakalanya laptop jadi hang. Perihal semacam ini bisa jadi diakibatkan sebab sebagian perihal, antara lain:


Program windows bermasalah, dapat jadi sebab missing file system, corrupt dan virus. Coba scan registry dengan CCleaner dan scan virus dengan Antivirus.


RAM dan kipas


kotor. Solusinya merupakan membersihkannya. RAM memakai penghapus karet, fan memakai kuas ataupun vacuum cleaner. Bila ragu, bawalah ke teknisi.


Mungkin yang lain dapat Kamu tinjau ulang dengan lebih baik. Bisa jadi saja ini diakibatkan oleh motherboard yang bermasalah. Buat mengatasinya, sebaiknya membawa saja ke teknisi ataupun service center terdekat. Bila mau mencobanya sendiri, bertanyalah kepada orang- orang yang lebih pakar terlebih dahulu.

c.) Mengatasi Laptop yang Not Responding

Nah buat cara cepat mengatasi problem ini, lakukan perihal berikut:


Tekan Ctrl+ Shift+ Esc, kemudian pilih program yang not responding dan klik end task.


Alternatif lain, coba tekan Ctrl+ Alt+ Del kemudian pilih salah satu opsi. Bila mau mematikan program, pilih saja Task Manager dan lakukan seperti penjelasan tadi. Tetapi, bila mau menyudahi aktivitas secara totalitas, Kamu dapat pilih Log- off ataupun Restart.


Umumnya laptop sudah bisa kembali normal.

d.) Mengatasi Laptop yang Suka Hang disaat Online/ Internetan

Nah buat kasus ini, kayaknya laptop Kamu terserang virus ataupun malware. Disaat Kamu browsing, Kamu tidak akan menduga terdapat virus yang masuk. Bisa jadi sebab Kamu mengunjungi situs ilegal ataupun mendownload program yang aneh- aneh.


Untuk itu, Kamu perlu berhati- hati dan selalu melakukan scan dengan Antivirus terbaik. Mungkin yang lain merupakan menumpuknya temporary file, cache dan history pada browser Kamu. Coba bersihkan dengan aplikasi CCleaner.

e.) Mengatasi Laptop Hang disaat Bermain Game

Ada sebagian pemicu laptop hang disaat digunakan untuk bermain permainan, misalnya:


Spesifikasi laptop kurang memadai


Kipas laptop mati


Harddisk bermasalah


VGA Card dan Processor sangat panas


Memori RAM ataupun VGA Card alami kerusakan


Cara mengatasinya:


Sesuaikan spesifikasi laptop dengan permainan yang diinstall


Pasang kipas( fan) tambahan ataupun ganti baru


Cek kondisi RAM dan VGA Card


Uninstall permainan tersebut


f.) Mengatasi Laptop Hang yang Macet Total


Tekan Ctrl+ Alt+ Del, akan timbul bermacam opsi. Dengan memakai arah panah pada keyboard, pilih Log- off buat Windows 7 dan Sign- out buat Windows 10.


Tidak hanya itu, Kamu pula dapat memilih Restart ataupun Shutdown. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.


Apabila sehabis menekan Ctrl+ Alt+ Del tidak timbul, coba tutup layar laptop Kamu. Umumnya pengaturan layar yang belum dirubah( default) akan melakukan mode sleep secara otomatis. Tunggu saja sampai beberapa menit. Sehabis itu, nyalakan laptop Kamu kembali. Cek kondisi, masihkah kayak tadi?


Bila masih kayak tadi,


terpaksa Kamu wajib menekan tombol power selama 10 detik( dimatikan paksa). Memanglah lumayan berisiko, tetapi buat sesekali mungkin tidak apa- apa. Saya bahkan sering mematikan laptop dengan tombol power, tetapi Alhamdulillah masih normal- normal saja laptop saya.


Semacam yang telah dipaparkan tadinya, Kamu pula kayaknya butuh membaca ulasan selanjutnya.

2. Scan dengan Antivirus

Apa sistem operasi yang Kamu pakai? Bila Windows, pasti laptop Kamu bakal rentan terserang virus. Apabila terdapat virus yang bersarang, mungkin saja akan membuat laptop Kamu hang secara seketika. Virus ini dapat saja mengganggu file sistem sehingga jadi corrupt ataupun error.


Cara mengatasinya mudah. Pertama- tama, Kamu wajib mengecek laptop dengan fitur safe mode. Disaat awal kali laptop dihidupkan( booting Windows), masuklah dengan menekan tombol F8 sehabis itu pilih safe mode. Jika setelah itu laptop berjalan normal, berarti terdapat gejala kendala pada sistem operasinya.


Cobalah terlebih dulu buat melaksanakan scan dengan antivirus, sebab bisa jadi saja ini ulah bandel dari virus.

3. Uninstall Program

Bila laptop Kamu hang seketika, bisa jadi itu disebabkan banyaknya program yang terinstall. Bila Kamu tidak sangat memakainya dan terasa tidak berarti, lebih baik hapus saja. Lebih baik menggunakan aplikasi yang penting- penting saja.

4. Restore Windows

Apabila scan virus kurang efisien, cobalah untuk melakukan Restore Windows pada laptop Kamu. Melakukan restore berarti mengembalikan ke kondisi tadinya.


Adakalanya sistem alami crash, bisa jadi sebab tumpang tindih driver ataupun program aplikasi yang corrupt. Buat seperti itu Kamu butuh melaksanakan restore.


Cara praktisnya, tekanlah kombinasi tombol Windows Key+ R. Setelah muncul jendela Run, ketik rstrui kemudian akan timbul kotak diskusi restore poin. Klik next

Pilih waktu/ event yang mau Kamu restore


Next dan jalani proses restore sampai berakhir.


Sampai di sini umumnya laptop telah sukses dan berjalan tanpa hang.


Bila gagal, ayo lanjut ke poin berikutnya…

5. Perbarui Driver

Mungkin saja terdapat sebagian driver yang menimbulkan laptop jadi hang. Coba cari Device Manager pada Control Panel, sehabis itu jalani pembaharuan pada driver yang diinginkan. Kamu juga dapat mencopot( uninstall) terlebih dulu kemudian restart laptop Kamu. Sehabis itu, install kembali driver tersebut memakai CD Driver bawaan laptop. Jika tidak terdapat CD, Kamu dapat memakai Driver Pack Solution sebagai alternatif.

6. Install Ulang

Seperti yang kita ketahui, laptop hang tidak melulu soal hardware, bisa saja karena softwarenya. Bila System Restore dan Pembaharuan Driver tidak sukses juga, bisa jadi Kamu butuh install ulang sistem operasinya. Bisa jadi sudah banyak gangguan pada direktori sistem sehingga sulit buat diperbaiki. Coba install ulang Windows dan install driver cocok vendor laptop Kamu. Sebaiknya Kamu pakai CD Driver bawaan laptop supaya lebih kompatibel.

7. Cek dan Upgrade RAM

Sudah install ulang dan tidak sukses pula? Coba bersihkan RAM laptop Kamu dari debu dan kotoran.


Kamu pula dapat memakai RAM lain yang sejenis buat dipasangkan pada slotnya. Nyalakan laptop Kamu kemudian cek laptop, apakah masih hang ataupun tidak.


Bila Kamu mengubah RAM serta nyatanya berjalan normal, maka yang jadi kasus sesungguhnya terletak pada RAM yang Kamu pakai tadinya.

8. Ganti Harddisk

Harddisk yang rusak ataupun badsector dapat saja menyebabkan laptop jadi hang pada saat dinyalakan. Ini merupakan mungkin terakhir. Harddisk yang badsector umumnya membuat laptop hang tanpa kita duga- duga tadinya.


Selain RAM dan Harddisk, Kamu juga perlu mengecek komponen lain yang sekiranya masih berhubungan. Mungkin saja terdapat debu dan kotoran yang menimbulkan laptop jadi hang. Siapa yang ketahui?


Nah, bila Kamu mau membetulkan ataupun membongkar laptop seorang diri, ada baiknya bertanya- tanya terlebih dulu kepada yang lebih pakar. Dengan begitu, laptop Kamu hendak bebas dari kehancuran yang lebih ekstrem lagi.


Oke, selamat berusaha bung! Mudah- mudahan Sukses ya.:)



LihatTutupKomentar