-->

Mengenal Google Meet Web, Pesaing Zoom Dari Google

Mengenal Google Meet Web, Pesaing Zoom Dari Google - Apa Itu Google Meet Web?

Tadinya, kalian cuma dapat memakai Google Meet Web bila telah berlangganan G Suite. Tetapi semenjak bulan April kemarin, Google memperkenalkan versi free dari Google Meet Web sehingga kalian tidak perlu membayar biaya langganan G Suite bila mau memakai layanan tersebut.



Langkah ini tampaknya dilakukan sehabis melihat kesuksesan dari Zoom yang popularitasnya meledak beberapa waktu lalu. Google Meet versi free ini dapat diakses oleh siapapun yang memiliki account Google. Sama seperti Zoom, pengguna juga dapat membuat panggilan video ataupun bergabung dengan orang lain. Dalam satu panggilan video, kalian dapat meningkatkan sampai 100 partisipan.


Pada Zoom, video dibatasi sampai 40 menit. Sedangkan pada Google Meet sendiri, tidak terdapat batasan waktu buat melaksanakan video conference.



Namun mulai 30 September nanti, akan ada perubahan dimana video conference buat versi free akan dibatasi hingga 60 menit. Jadi, dapat dibilang, ini ialah gratis trial buat versi premium Google Meet yang dapat diakses setelah berlanganan G Suite.

Gimana Dengan Google Hangouts?

Tadinya, terdapat Google Hangouts yang pula dapat melakukan panggilan video. Aplikasi tersebut sampai sekarang masih ada dan bisa digunakan buat melakukan video call dengan 25 orang. Tidak hanya itu, ada Google Duo yang masih terus dikembangkan.



Kemudian, Mengapa Wajib Memakai Google Meet Web?

Dapat dibilang, sasaran pasarnnya berbeda dengan kedua aplikasi tersebut. Google Meet merupakan aplikasi yang dirancang secara spesial buat konferensi video skala besar. Google Meet ini mempunyai sasaran pasar yang sama dengan Zoom, yaitu organsisasi dan para pelakon bisnis.


Dengan Google Meet, kalian dapat melakukan video call dan mengundang orang lewat invite secara langsung ataupun memberikan kode. Dengan begitu, kalian juga dapat langsung mengobrol dengan banyak orang. Google Meet sendiri bisa digunakan di bermacam browser. Tetapi, seperti kebanyakan aplikasi dari Google, aplikasi tersebut juga bekerja lebih baik bila diakses lewat Google Chrome.

Apakah Google Meet Web Memiliki Aplikasi Desktop?

Berbeda dengan Zoom, Google Meet tidak memilih aplikasi desktop. Walaupun demikian, ada aplikasi Google Meet buat Android, IPad dan iPhone. Peranan dari aplikasi tersebut juga sama dengan versi websitenya.

Haruskan Beralih Ke Google Meet?

Dapat dibilang, buat urusan fitur Google Meet masih kalah dibandingkan Zoom. Namun bila kalian pengguna Zoom versi free, kalian barangkali akan tertarik memakai Google Meet mengingat sampai akhir bulan September 2020 nanti, Google Meet menawarkan video conference dengan durasi tidak terbatas. Tidak hanya itu, buat urusan keamanan, Google Meet pula terbilang lebih nyaman mengingat pengguna perlu mempunyai account Google buat mengakses aplikasi tersebut.

Versi Berbayar

Versi berbayar dari Google Meet merupakan bagian Dari G Suite. Jadi, bila mau mengakses Google Meet versi berbayar, kalian wajib berlangganan G Suite. G Suite ini tersedia dalam beberapa versi dimana yang sangat murah ada dengan harga$4. 20 perbulan dan untuk yang sangat lengkap hadir dengan harga$25 pebulan. Versi berbayar sendiri menghadirkan fitur- fitur bonus semacam kenaikan jumlah partisipan sampai 250 orang, keahlian buat merekam video dan fitur live streaming buat 100, 000 penonton.


Tidak hanya itu, sebab kalian berlangganan G Suite, kalian pula akan memperoleh akses ke aplikasi premium lain dari Google, semacam Gmail untuk bisnis serta ruang penyimpanan yang lebih besar di Google Drive.

LihatTutupKomentar