-->

4 Tren dan Teknologi Perkembangan Smartphone 2020

jallanpintas - Di tahun ini, dunia smartphone diprediksi bergairah dengan sokongan bermacam teknologi baru. Berikut sebagian tren ponsel pintar tahun ini :

 1. Ponsel lipat dengan harga murah

Tren ponsel dengan layar yang bisa dilipat( foldable) mulai timbul pada tahun 2019 kemudian kala Samsung menghadirkan Galaxy Fold. Vendor ponsel asal Cina, Huawei, pula turut menghadirkan ponsel layar lipat miliknya, Huawei Mate X di tahun yang sama. 



Kedua ponsel ini dibanderol dengan harga yang besar. Di Indonesia, Galaxy Fold dijual dengan harga dekat Rp 30 juta. Tetapi di tahun 2020 ini tampaknya para vendor smartphone hendak mulai dapat memangkas harga ponsel layar lipat. Dalam pada CES 2020 kemarin, industri elektornik asal Cina, TCL, memamerkan prototipe ponsel layar lipat dengan 3 kamera yang menunjang konektivitas 5G. 

Kabarnya, ponsel tersebut hendak dibanderol dengan harga yang lebih murah. Konon ponsel tersebut hendak dibanderol di dasar Rp 20 juta. Tidak hanya TCL, Samsung pula dikabarkan mengumunkan ponsel lipat generasi berikutnya yang hendak dibanderol 850 dollar AS ataupun dekat Rp 11jutaan. 

2. Ponsel 5G dengan harga terjangkau 

Harga ponsel 5G memanglah tidak semahal ponsel layar lipat. Tetapi senantiasa saja, ponsel dengan keahlian jaringan 5G dibanderol lebih mahal dibanding 4G. Tetapi dalam ajang CES 2020 ini terdapat beberapa ponsel 5G yang muncul dengan harga yang lebih terjangkau. 


Di antara lain merupakan TCL Pro dengan harga 500 dollar AS ataupun dekat Rp 6, 8 juta, serta CoolPad Legacy dengan harga 400 dollar AS ataupun setara dengan Rp 5, 4 jutaan. Tidak cuma itu, Verizon pula berencana buat menjual 20 produk ponsel berkemampuan 5G pada tahun 2020. Dari 20 ponsel tersebut, hendak terdapat beberapa model yang dibanderol dengan harga yang murah ialah dekat 600 dollar AS ataupun Rp 8 jutaan. Ponsel ponsel tersebut jauh lebih murah dibanding dengan harga Galaxy Note 10 5G dengan harga 1. 300 dollar AS ataupun dengan harga Rp 17 jutaan. 

3. Desain kamera 

Teknologi kamera senantiasa jadi perihal yang berarti untuk suatu ponsel. Tetapi bukan cuma soal spesifikasi, desain tampilan serta penempatan lensa tampaknya hendak jadi perihal yang tidak kalah berarti. Galaxy Note 10 Lite serta Galaxy S10 Lite yang diperkenalkan di CES 2020, keduanya mempunyai suatu wadah kamera gelap berupa persegi. 



Wadah ini mirip dengan yang dipunyai Google Pixel 4. Beberapa pengamat industri berkata kalau Samsung sudah mengambil jalur yang lumayan berani buat melawan iPhone 11, yang pula mempunyai desain kamera yang sama. Terdapat pula OnePlus Concept One yang mendesain kamera miliknya supaya bisa" menghilang" di balik kaca pelindungnya apabila lagi tidak digunakan. 

4. Pasar gaming yang jadi incaran 

Hadirnya inovasi konektivitas 5G hendak membagikan keuntungan yang lebih besar untuk industri ponsel gaming. Dengan teknologi jaringan generasi kelima ini, para pencinta permainan hendak menemukan pengalaman bermain permainan yang lebih baik. Pasar ponsel gaming dipercaya hendak menemukan ceruk yang terus menjadi besar. Beberapa industri teknologi juga saat ini tidak lagi memandang pasar gaming dengan sebelah mata. Teruji dari terdapatnya beberapa teknologi yang muncul spesial buat pasar gaming di tahun ini. 

Semacam salah satunya merupakan chipset Snapdragon 765G yang muncul buat mengisi pasar smartphone gaming dengan segmen harga menengah. Bukan cuma itu, para vendor smartphone juga mulai membekali ponsel mereka dengan layar yang mempunyai angka refresh rate 120Hz buat menunjukkan foto yang lebih ciamik.
LihatTutupKomentar